Website Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu

Seputar Peradilan

Rangkaian Kegiatan Pimpinan Ikuti Rapat Koordinasi PTA Banjarmasin dan PA se-Kalimantan Selatan Tahun 2024

Ketua Pengadilan Agama Banjarmasin Kelas IA, H. Ahmad Farhat, S.Ag. S.H., M.H.I, Wakil Ketua Pengadilan Agama Banjarmasin Kelas IA, Hj.Nurul Hikmah, S.Ag., M.H. serta Panitera dan Sekretaris mengikuti Pembukaan Rangakaian Kegiatan Rapat Koordinasi PTA Banjarmasin dengan PA se-Kalimantan Selatan, bertempat di Aula Syech Muhammad Arsya Al-Banjari, PTA Banjarmasin. Rabu (28/02/2024)Ketua Pengadilan Agama Banjarmasin Kelas IA, H. Ahmad Farhat, S.Ag. S.H., M.H.I, Wakil Ketua Pengadilan Agama Banjarmasin Kelas IA, Hj.Nurul Hikmah, S.Ag., M.H. serta Panitera dan Sekretaris mengikuti Pembukaan Rangakaian Kegiatan Rapat Koordinasi PTA Banjarmasin dengan PA se-Kalimantan Selatan, bertempat di Aula Syech Muhammad Arsya Al-Banjari, PTA Banjarmasin. Rabu (28/02/2024)

WhatsApp Image 2024-02-28 at 10.47.02 AM (1).jpeg

WhatsApp Image 2024-02-28 at 11.28.20 AM.jpeg

Kegiatan ini diikuti langsung oleh Wakil Ketua PTA Banjarmasin, Hakim Tinggi PTA Banjarmasin, Panitera dan Sekretaris PTA Banjarmasin, Pejabat Strukutural dan Fungsional, Ketua dan Wakil Ketua serta Panitera dan Sekretaris PA se-Kalimantan Selatan.
Diawali dengan Penyampaian Laporan Kegiatan dari Ketua Tim Pelaksana, Hakim Tinggi PTA Banjarmasin, Drs. H. Eko Nurahmat, M.H. 

WhatsApp Image 2024-02-28 at 10.47.01 AM (1).jpeg

Adapun Tema yang diusung dalam Kegiatan ini yaitu "Aparatur Berintegritas Layanan Berkualitas"
Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ketua PTA Banjarmasin, Dr. Drs. H. Firdaus Muhammad Arwan, S.H., M.H.
Dalam sambutannya Ketua PTA Banjarmasin menyampaikan rasa senang dan bangga memiliki teman-teman yang hadir dan mau berjuang demi kebaikan organisasi.
4 Pejabat Pilar Pengadilan yaitu Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris yang harus menjadi Role model serta teladan bagi karyanwannya dan harus memiliki Knowledge dan Skill.
Ketua PTA menekankan 4 Pejabat Pilar Pengadilan tersebut wajib bersinergi dalam membangun organisasi dan Pimpinan Pengadilan harus bisa membina para hakim untuk bekerja secara baik agar benar-benar memahami hukum acara agar mencapai Peradilan yg berkualitas dan berkeadilan.

WhatsApp Image 2024-02-28 at 11.28.28 AM.jpeg

WhatsApp Image 2024-02-28 at 10.47.05 AM.jpeg

Acara dilanjutkan dengan Pembinaan dari Ketua dan Wakil Ketua PTA Banjarmasin. Pembinaan ini diikuti langsung oleh Hakim Tinggi PTA Banjarmasin, Panitera dan Sekretaris PTA Banjarmasin, Pejabat Strukutural dan Fungsional, Ketua dan Wakil Ketua serta Panitera dan Sekretaris PA se-Kalimantan Selatan..Pembinaan ini diikuti langsung oleh Hakim Tinggi PTA Banjarmasin, Panitera dan Sekretaris PTA Banjarmasin, Pejabat Strukutural dan Fungsional, Ketua dan Wakil Ketua serta Panitera dan Sekretaris PA se-Kalimantan Selatan.
Pembinaan Pertama yang disampaikan oleh Wakil Ketua PTA Banjarmasin, Drs. H. Tarsi, S.H., M.H.I kepada Peserta Rapat Koordinasi adalah mengenai Penguatan dalam Pembangunan Zona Integritas.. 
Ada Dua Tujuan Pembinaan tentang Penguatan Pembangunan Zona Integritas ini, yaitu

1. Untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dari KKN.

2. Untuk mewujudkan Pelayanan Prima (Service Excellent) 


Dalam membangun zona integritas yang sesuai dengan sasaran WBK ada 3 hal yang harus dihindari

1. Hindari Penyimpangan Keuangan,

2. Hindari Kebocoran Keuangan, dan

3. Hindari Korupsi.


Wakil Ketua PTA Banjarmasin menyampaikan beberapa Mekanisme dalam Pembangunan Zona Integritas dan 6  komponen pengungkit yang merupakan aspek pemenuhan sebagai faktor penentu pencapaian sasaran hasil pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM yaitu1. Manajemen Perubahaan,2. Penataan Tatalaksana,3. Penataan Sistem Manajemen SDM,4. Penguatan Akuntabilitas Kinerja, 5. Penguatan Pengawasan, dan6. Penguatan Kualitas Pelayanan Publik.
Dilanjutkan dengan Pembinaan ke-dua yang disampaikan oleh Ketua PTA Banjarmasin, Dr. Drs. H. Firdaus Muhammad Arwan, S.H., M.H.
Dalam pembinaan ini Ketua PTA Banjarmasin menyampaikan beberapa Kebijakan PTA Banjarmasin Tahun 2024. Diantaranya adalah 

1. Manajemen Kepemimpinan. Ketua PTA Banjarmasin menekankan Garis Komando terkait tugas dan jabatan pada Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris Pengadilan.. 4 Pejabat Peradilan tersebut harus sinergi dan jangan sampai bersikap mendominasi, akan tetapi tidak juga bersikap pasif.
2. Manajemen Peradilan. Dalam pemenuhan kualitas peradilan, satuan kerja pengadilan ada beberapa hal yang wajib diperhatikan :

  1. Program Kerja
  2. Manajemen SDM
  3. Pembagian Tugas
  4. Mekanisme Kerja
  5. 5Pembinaan dan Pengawasan

3. Teknis YustisialUntuk meningkatkan profesionalisme aparatur pengadilan, pimpinan pengadilan harus menyelenggarakan Bimtek dan Diskusi secara berkalaberkala dan berkesinambungan.

 WhatsApp Image 2024-02-28 at 5.16.10 PM.jpeg

WhatsApp Image 2024-02-28 at 5.19.02 PM.jpeg

WhatsApp Image 2024-02-28 at 5.18.59 PM (1).jpeg

Usai ikuti Pembinaan, Ketua Pengadilan Agama Banjarmasin Kelas IA, H. Ahmad Farhat, S.Ag. S.H., M.H.I, Wakil Ketua Pengadilan Agama Banjarmasin Kelas IA, Hj.Nurul Hikmah, S.Ag., M.H. serta Panitera dan Sekretaris ikuti Rangkaian Rakor PTA Banjarmasin selanjutnya yaitu Pemberian Penghargaan PTA Banjarmasin Award 2023, di Aula Syech Muhammad Arsyad Al-Banjari, PTA Banjarmasin. Rabu (28/02/2024)Usai ikuti Pembinaan, Ketua Pengadilan Agama Banjarmasin Kelas IA, H. Ahmad Farhat, S.Ag. S.H., M.H.I, Wakil Ketua Pengadilan Agama Banjarmasin Kelas IA, Hj.Nurul Hikmah, S.Ag., M.H. serta Panitera dan Sekretaris ikuti Rangkaian Rakor PTA Banjarmasin selanjutnya yaitu Pemberian Penghargaan PTA Banjarmasin Award 2023, di Aula Syech Muhammad Arsyad Al-Banjari, PTA Banjarmasin. Rabu (28/02/2024)
PTA Banjarmasin AWARD ini diikuti oleh Pengadilan Agama se-Kalimantan Selatan..
Pada kesempatan ini Pengadilan Agama Banjarmasin Kelas IA memperoleh 3 penghargaan.

1. Piagam Apresiasi Telah Secara Aktif dan Konsisten Menyajikan Informasi Seputar Pengadilan Agama Tahun 2023 Melalui Media Sosial. 

2. Terbaik Pertama - Laporan Pelaksanaan Kegiatan Tahun 2023.

3. Terbaik Ketiga - Data E-Doc pada SIKEP Terlengkap Semester II Tahun 2023.


Pimpinan PA Banjarmasin berharap, semoga pada PTA Banjarmasin AWARD selanjutnya, Pengadilan Agama Banjarmasin Kelas IA mampu memberikan capaian dan memperoleh penghargaan lebih banyak lagi.

 WhatsApp Image 2024-02-28 at 5.24.01 PM (1).jpeg

Menutup hari pertama rangkaian Rapat Koordinasi PTA Banjarmasin, Ketua Pengadilan Agama Banjarmasin Kelas IA, H. Ahmad Farhat, S.Ag. S.H., M.H.I, Wakil Ketua Pengadilan Agama Banjarmasin Kelas IA, Hj.Nurul Hikmah, S.Ag., M.H. serta Panitera dan Sekretaris menyaksikan Peresmian PTSP PTA Banjarmasin yang baru, bertempat di Lobby PTSP PTA Banjarmasin. Rabu (28/02/2024)Menutup hari pertama rangkaian Rapat Koordinasi PTA Banjarmasin, Ketua Pengadilan Agama Banjarmasin Kelas IA, H. Ahmad Farhat, S.Ag. S.H., M.H.I, Wakil Ketua Pengadilan Agama Banjarmasin Kelas IA, Hj.Nurul Hikmah, S.Ag., M.H. serta Panitera dan Sekretaris menyaksikan Peresmian PTSP PTA Banjarmasin yang baru, bertempat di Lobby PTSP PTA Banjarmasin. Rabu (28/02/2024)
Peresemian ini ditandai dengan pemotongan tali kembang oleh Ketua PTA Banjarmasin, Dr. Drs. H. Firdaus Muhammad Arwan, S.H., M.H.Peresmian ini disaksikan oleh Wakil Ketua PTA Banjarmasin, Hakim Tinggi, Panitera dan Sekretaris PTA Banjarmasin, Pejabat Struktural-Fungsional, Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris PA se-Kalsel.

WhatsApp Image 2024-02-28 at 5.23.19 PM.jpegPTSP PTA Banjarmasin yang baru diresmikan ini merupakan peremajaan dari PTSP PTA Banjarmasin sebelumnya. Tujuannya sendiri adalah untuk memberikan kenyamanan kepada tamu yang datang ke PTA Banjarmasin, baik tamu dengan urusan perkara ataupun tamu kedinasan.
Oleh karena itu, Ketua PTA Banjarmasin dalam sambutannya menyampaikan kepada Pimpinan Pengadilan Agama se-Kalimantan Selatan agar ikut membenahi PTSP satuan kerjanya, agar mampu memberikan kenyamanan kepada masyarakat pencari keadilan yang berperkara ke Pengadilan.