Website Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu

Seputar Peradilan

Lokakarya Revisi Kurikulum Program Magister Universitas Lambung Mangkurat

Ketua Pengadilan Agama Banjarmasin Kelas IA, H. Ahmad Farhat, S.Ag., S.H., M.H.I. mengikuti kegiatan Lokakarya Revisi Kurikulum Program Magister Universitas Lambung Mangkurat, bertempat di Ruang Rapat Besar Soedjono Fakultas Hukum Program Magister, Rabu 16 Agustus 2023.

IMG_8971.jpg

Turut hadir pula, Perwakilan dari POLDA Kalsel, Pengadilan Tinggi Banjarmasin, Kejaksaan Tinggi, Pengadilan Tata Usaha Negara Banjarmasin, Kemenkumham Prov. Kalsel, Kabiro. Hukum Pemerintah Prov. Kalsel, Kabag. Hukum Pemerintah Kota Banjarmasin dan Stake Holder terkait lainnya.

IMG_8953.JPG

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat, Prof. Dr. Achmad Faishal, S. H., M. H., dalam sambutannya Dekan Fakultas Hukum ULM ini menyampaikan bahwa Kurikulum Pendidikan Tinggi sekarang ini harus benar-benar mengacu kepada Kurikulum Standar Nasional dan Internasional dengan Menyesuaikan pada Perkembangan Hukum di Indonesia.

Rekonstruksi Kurikulum ini sendiri bertujuan untuk mix and match atau menyesuaikan dengan kebutuhan terhadap dunia usaha / lingkungan kerja.

Dan Ketua Program Studi Magister Hukum Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat, Prof. Dr. H. Ahmad Syaufi, S.H., M.H. menyampaikan pula bahwa kebutuhan revisi kurikulum ini dikarenakan dinamika masyarakat yang harus berkesesuaian dgn Visi Misi Lembaga / Instansi yang terkait.

IMG_8963.JPG

Ketua Pengadilan Agama Banjarmasin Kelas IA, dalam tanggapannya menyampaikan arahan, masukan dan saran terkait konsentrasi Hukum Acara baik Perdata maupun Pidana, agar ditambahkan mengenai Hukum Acara Persidangan Elektronik (E-Court), serta tidak lupa pula tentang Hukum Ekonomi Syari'ah.

IMG_8959.JPG

Dengan adanya Lokakarya Revisi Program Magister Hukum ULM ini, orientasi pendidikan yang didapat diharapkan bisa menyesuaikan dengan manfaat pekerjaan antara Lulusan Mahasiswa Magister Hukum ULM dengan Stake Holder terkait seperti Kepolisian, Kejaksaan, Kehakiman, dan Pemerintahan. (Ed)